APLIKASI LIVE WORKSHEET MEMPERMUDAH GURU DALAM MENYAMPAIKAN MATERI SELAMA PPJ DI MASA PANDEMI COVID-19

Assalamualaikum sobat www.jarangopi.com, seperti tutorial pada sebelumnya sebelum kita masuk menggunakan aplikasi live worksheet kita harus registrasi terlebih dahulu pada laman "liveworksheet.com", nahh tutorial ini saya buat bagi sobat yang sudah memiliki akun untuk masuk ke dalam aplikasi liveworksheet. 

langsung simak saja caranya di bawah ini ya : 

1. Sebagai langkah awal silahkan sobat masuk di laman liveworksheet.com, setelah itu masukkan              akun/user id yang di gunakan sebelumnya pada saat registrasi


2. Selanjutnya sobat pilih/klik "Make Interactive Worksheet" kemudian pilih "Get Started"


3. Langkah selanjutnya sobat harus mengapload file soal/materi dengan format pdf atau misalnya                berupa gambar harus dengan format jpg/png dan file tersebut tidak boleh melebihi ukuran 5 MB.


4. Misal saya akan coba memberikan contoh dengan apload file "contoh soal latihan PAT kelas 6 tahun      2020


5. Jika sudah menemukan file yang akan sobat apload, selanjutnya tekan open dan dan apload

6. Setelah laman soal terbuka, sobat harus membuat kunci jawabannya terlebih dahulu, perhatikan              gambar di bawah ini : 

pada bagian ini harus betul-betul sobat cermati, setelah muncul laman  soal seperti di atas, tarik crussor sobat untuk membentuk sebuah kolom, selanjutnya klik icon edit pada pojok kiri atas, kemudian silahkan sobat ketikkan jawaban yang benar.

7. Setelah sobat selesai membuat kunci jawabannya kemudian sobat klik saja pada icon "preview" pada      pojok kiri atas, pada halaman tersebut nampak kolom kunci jawaban yang kita buat tadi kosong,            sobat jangan kawatir kunci yang sudah sobat buat tadi sudah tersimpan otomatis, kolom kosong itu        nantinya berfungsi untuk mengisi jawaban yang benar jika soal tersebut kita bagikan ke siswa.


silahkan sobat isikan kunci jawaban sesuai yang sobat buat tadi dengan benar, isikan hingga semua kolom jawaban soal terisi, selanjutnya langkah terakhir tekan " FINISH"


8. Setelah sobat klik finish, secara otomatis aplikasi akan memperlihatkan nilai beserta jawaban yang        kita buat tadi, setelah semua di rasa sudah benar, selanjutnya kita klik icon save pada pojok kiri atas


9. Setelah sobat klik icon save, selanjutnya akan muncul pilihan : 1. klik publikasi jika ingin soal yang        anda buat, di baca oleh banyak orang, 2. jika soal yang anda buat bersifat privasi dan hanya ingin            sobat kirimkan ke beberapa orang /siswa saja.
    Sobat boleh pilih mana saja yang no 1 ataupun 2, tapi kalau saya menggunakan yang no.2 karena 
    saya tidak ingin mempublikasikan soal saya secara umum.


10. Setelah sobat pilih no.1 atau 2 selanjutnya sobat berikan nama file yang akan sobat simpan
      tersebut kemudian klik save, perhatikan gambar di bawah ini : 


11. Selanjutnya, akan muncul baris link, nah baris link inilah yang harus di kirmkan ke siswa dengan 
      cara di copas linknya kemudian pastekan di WA.


selesai..selamat mencoba, mudah-mudahan bermanfaat.